Ramai Android Kitkat 4.4.2 Smartfren Andromax C2, Asli atau Palsu?

0
Ramai Android Kitkat 4.4.2 Smartfren Andromax C2, Asli atau Palsu? - Melihat ramainya perbincangan yang dilakukan oleh para member di group smartfren andromax C2 yang mengatakan bahwa smartfren terlah mengeluarkan firmware terbaru Kitkat (4.4.2) menggelitik syndhrome gadget untuk mencoba menganalisa kebenarannya. Kami tidak akan mengatakan bahwa firmware yang berhasil ditemukan oleh seseorang di source web smartfren tersebut asli atau plasu, namun di sini syndhrome gadget akan berikan ulasan apa yang membedakan android kitkat dengan android Jellybean, dan berfikir bahwa apa gunanya tulisan android Kitkat di system setting kalau fiturnya tidak seperti yang android kitkat berikan. 

Apa yang membuat firmware yang berhasil ditemukan pada web smartfren bisa di asumsikan sebagai Kitkat official?
Dapat dilihat di system setting, kemudian terlihat android version yang menyebutkan bahwa versi android telah mencapai 4.4.2, kemudian jika di tap berkali - kali akan muncul symbol huruf "K", dan ketika di tekan selama beberapa detik akan muncul lagi sebuar screen anyar dimana terdapatan berpuluh - puluh gambar (Kecil atau besar) yang tergabung, dan semua ber-icon versi android mulai dari android paling jadul hingga android kitkat yang dapat melayang dan bertukar posisi. Namun itu seakan belum bisa membuktikan kalau itu adalah android kitkat, karena anda pun bisa membuatnya dengan tutorial ini :
  • How to change android version image (mengubah logo android version) : http://www.youtube.com/watch?v=NU30-yYBNfQ
  • How to change phone name or model and android version (mengubah versi android dan model smartphone) : http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2762480

Lalu Apa sajakah yang membuat ROM ini tak layak di sebut Kitkat?

1. Sebelumnya saya memancing kepada salah satu user untuk memberikan screnshoot dial-pad namun saya tak berhasil mendapatkannya. Namun bagi anda yang sudah menggunakan Official ROM ini, silahkan analisa sendiri. Berikut perbandingannya . 

Contact Prioritization, KitKat akan memprioritaskan daftar kontak Anda dengan menyortir orang-orang yang Anda hubungi paling sering. Anda juga dapat mencari tempat dan bisnis di dekat lokasi Anda dari kotak pencarian di bagian atas. Aplikasi Kontak KitKat dapat dikaitkan dengan kontak Google Apps Anda. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah (Sebelah kiri Jellybean, sebelah kanan Kitkat) , ini adalah aplikasi contact/dial-pad khusus android kitkat. Jadi jika tampilan serta fitur Aplikasi Kontak anda seperti terlihat di gambar, bisa jadi android anda benar - benar Kitkat. Tapi tunggu dulu, tak hanya itu. Silahkan lanjutkan ke poin 2.


2. Emojis, merupakan istilah Jepang bagi ideogram kartun dan smiley yang terlihat pada pesan teks dan situs web, sekarang dapat digunakan dalam pesan Anda, dan bukan merupakan teks biasa. Ini dia emoji yang khusus terdapat pada android Kitkat dan tak tersedia di android versi jellbean ke bawah.


3. Pesan Konsolidasi, Android OS terbaru akan mengkonsolidasikan semua SMS Anda, MMS, panggilan video, dan pesan chat Google Hangouts ke dalam satu lokasi yang nyaman. Fitur lain yang bagus di sini adalah mampu berbagi lokasi dan animasi GIF melalui Google Hangouts. 


4. Fitur Enhanced Caller ID oleh Google, Jika anda mendapat telfon dengan nomor baru yang tak anda kenali, maka secara otomatis mengambil informasi Caller ID dari daftar lokal dalam Google Maps. Lihat di gambar bawah. Bagaimana? sampai di sini masih tak ada fitur yang terlewatkan di Firmware Anda? Jika iya, Lanjutkan ke poin selanjutnya.


5. Baterai dan icon - icon di status bar berwarna putih atau putih kusam, Jika warna baterai anda masih tidak berwarna putih, maka perlu dipertanyakan apakah android anda benar - banar kitkat. Karna warna itu adalah warna yang di gunakan oleh android Jellybean ke bawah. Lihat gambar di bawah (Sebelah kiri Andromax C Kitkat, sebelah kanan Nexus 5 Kitkat). Tak hanya nexus 5, jika anda masih penasaran silahkan mencari pembanding lainnya, bahkan samsung yang terkenal dengan cirikhasnya tetap menggunakan warna putih pada baterai dan icon2 lainya (Galaxy S5, Galaxy Alpha, Star 2, Core 2, dll).


6. Launcher, tak jelas mengapa firmware kitkat official yang dikeluarkan smartfren masih menggunakan launcher jellybean? Bukan kah itu sebuah blunder? Kitkat sudah membundle "Google Now Launcher" kenapa kitkat di andromax C2 masih menggunakan launcher Jellybean? Sungguh aneh, Silahkan lihat gambar di bawah untuk launcher asli bawaan kitkat buatan google. Sebenarnya masalah launcher bisa di ubah, seperti samsung yang menggunakan launcher touchwiz yang menjadi trade marknya, namun smartfren sampai saat ini masih belum mempuanyai launcher buatannya sendiri, dan harusnya menggunakan "google now launcher" bukan menggunakan launcher milik jellybean.


Sebenarnya masih banyak lagi fitur android kitkat yang bisa simak agar dapat menyimpulkan apakah firmware yang sudah anda gunakan adalah jellybean atau kitkat, berikut fitur - fitur lain android kitkat :

"Ok Google", Bluetooth MAP support, Chromecast support, Chrome web view, Closed captioning, Device management built-in, Downloads app redesign, Easy home screen switching, Email app refresh, Full-screen wallpapers with preview, HDR+ photography, Infrared blasting, Location in Quick Settings, Location modes and monitoring, Low-power audio playback, Music and movie-seeking from lock screen, Secure app sandboxes, Step counting built-in, Tap to pay, built a new way. Untuk penjelasan detailnya silahkan kunjungi web resmi android DI SINI.

Nah, sampai sini kami yakin anda sudah mendapat kesimpulan mengenai firmware yang sedang ramai di perbincangkan di grub smartfren andromax C2. Apalagi beredar rumor bahwa akan diluncurkan andromax C2 generasi ke dua yang langsung menggunakan sistem operasi android kitkat (namun rumor ini pun bukan berasal dari situs resmi Smartfren, jadi kebenarannya masih sangat tidak bisa dipastikan), maka jika itu benar terlaksana, dapat dipastikan bahwa andromax C2 generasi pertama tak akan mendapat firmware android kitkat. Mengapa? "Buat apa membeli Andromax C2 generasi ke 2 jika kitkat hadir di generasi pertama?" Ya, dan pada akhirnya itu adalah tak lebih dari sekedar strategi bisnis. Anda juga bisa melihat kasus andromax C generasi pertama (Ice Cream Sandwitch) dan Andromax C generasi ke dua (Jellybean), apakah Andromax C generasi pertama mendapat firmware Jellybean?? 
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog:

Entri Populer

Total Tayangan Laman